Belajar Kesabaran dari Dunia Blogging

sabar
Mungkin dari judul diatas ada yang sudah mengerti, namun ada juga yang tidak mengerti. Dan saya yakin bahwa yang cepat mengerti adalah seseorang yang juga memiliki sebuah blog. Mengapa saya berkata demikian dan mengapa saya juga mengajak anda untuk Belajar Kesabaran Dari Dunia Blogging ?.

Berikut saya paparkan awal mula saya berpikiran seperti ini.

Saya mengetahui bahwa memulai suatu blog adalah hal yang mudah, mengapa mudah karena hanya tinggal klik dan klik maka terbitlah sebuah blog baru. Yang menjadi tantangan disini ialah, mengelola blog tersebut, mengatur segala yang berhubungan dengan seo, mengatur tampilan blog anda agar lebih memudahkan pengunjung blog anda, serta kemampuan anda untuk menulis  sebuah artikel yang dapat menarik pembaca.

Pada minggu pertama saya memiliki blog, saya googling kesana kemari, bahkan sampai diluar negeri (maksudnya blog orang luar..hehe). Saya berusaha menuntut ilmu mengenai dasar-dasar dan petunjuk SEO. Membaca dan membaca blog-blog SEO, seperti DBT, My SEO article, Search Engine Journal dan beberapa blog lain. Itulah yang saya lakukan dalam bulan pertama memiliki blog.

Kemudian pada bulan berikutnya, saya berusaha belajar mengenai cara membuat tampilan blog kita agar lebih menarik dilihat dan memudahkan pembaca ketika mengunjungi blog kita. Saya banyak belajar dari blog-blog luar seperti, Allblogtools, Bloggerstop, Sohtanaka, Css-tricks, dan adapun dari blog lokal seperti, o-om, Kolom-tutorial.

Bulan berikutnya alhamdulilah saya sudah mencoba menerapkan ilmu-ilmu SEO yang saya tahu, serta sedikit mengenai css yang saya pelajari guna memperindah dan mempermudah tampilan blog. Dan akhirnya blog Pensil Endy, sudah terindeks di Om Google. Tak lupa saya juga sudah menyukai tampilan blog yang telah saya edit sesuai dengan pengetahuan saya.

Saya menganggap, bahwa dengan membuat blog kita sedemikian rupa dengan berbagai aturan SEO, memulai menulis artikel-artikel baik itu berupa hal-hal menarik, pengetahuan atau berupa motivasi-motivasi, blog saya akan cepat mendapatkan pengunjung. Namun ternyata, itu semua tidak menjamin pengunjung akan langsung datang mengunjungi blog kita.

Kadang saya berpikir, apakah saya akan berhenti sampai disini saja, tapi inilah yang saya maksud Belajar Kesabaran Dari Dunia Blogging. Kan ada peribahasa yang mengatakan “ Bersakit-sakit dahulu, kemudian bersenang-senang kemudian”. Tapi semoga tidak bersakit-sakit terus…hehehe…

Awal-awal memiliki sebuah blog memang seperti ini, kita selalu ingin mengetahui apakah ada pengunjung yang meninggalkan komentar atau apa, atau mungkin apakah ada subscriber baru yang mendaftar. Tiap hari chek blog, dan 1 pengunjung saja yang meninggalkan komentar di blog kita, kita sudah sangat bahagia.

Memang memulai dan mengelola blog membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Jika anda tidak sabar, dan pada bulan pertama anda sudah putus asa karena tidak ada satupun pengunjung yang mendatangi blog anda, maka anda mungkin akan berhenti sampai disitu saja.

Ingatlah bahwa, tidak ada hal yang terjadi langsung seketika, semua hal yang terjadi didunia ini pasti mengalami proses. Jadi kalau anda memiliki blog dan masih sepi pengunjung, jangan putus asa, tetap menulis yang terbaik menurut anda, tetap salurkan pemikiran anda, dan jangan berhenti untuk berkreatifitas serta mengembangkan pengetahuan anda tentang dunia blog.

Itulah sedikit cerita mengenai pengalaman saya dan bagi anda yang ingin berkomentar atau mungkin ada saran sehingga blog saya atau mungkin blog yang lain, memiliki banyak pengunjung. Makasih.

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online