5 Alasan Memulai Sebuah Blog

Assalualaikum Wr. Wb.
blogging
Anda pasti sudah sering melihat blog-blog yang berkeliaran diinternet. Ya, itulah adalah kumpulan tulisan-tulisan dari orang-orang yang ingin berbagi kepada semua orang.

Tapi pernahkah terlintas di pikiran anda, mengapa orang-orang ini membuat blog dan mau repot-repot mengurus dan mengelola sebuah blog.

Inilah yang akan saya beberkan. Seperti kasus saja…
  1. Suka menulis artikel.
  2. Ingin berbagi pengetahuan.
  3. Ingin menyalurkan dan mengeluarkan pemikirannya.
  4. Memiliki sesuatu yang ingin dijual baik berupa barang atau buku.
  5. Ingin memiliki penghasilan tambahan.
Berikut akan saya jelaskan alasan-alasan yang telah saya tulis diatas:

  • Suka menulis artikel.
Ada banyak orang didunia ini yang memiliki kemampuan menulis sebuah artikel yang baik, namun biasanya terkendala masalah pencetakannya, khusunya biayanya. Nah, didalam dunia blog ini, anda cukup bermodalkan komputer sederhana yang cukup memiliki fasilitas mengetik. Dan dengan tanpa biaya penerbitan, tanpa biaya kertas, tanpa biaya percetakan, sebuah artikel yang telah anda tulis dapat anda publikasikan kesemua orang.

  • Ingin berbagi pengetahuan.
Maksudnya disini ialah, seseorang yang memiliki pengetahuan lebih tapi mungkin dalam dunia nyata ia sulit untuk berbagi dikarenakan berbagai faktor. Didalam dunia maya, tanpa perlu terhubung dengan si Guru secara langsung, tanpa perlu mengeluarkan biaya transportasi, anda akan lebih mudah melakukan proses belajar mengajar, anda pun bisa belajar dari orang-orang diluar negara anda, karena didalam dunia internet ada banyak fasilitas yang dapat digunakan agar dapat terhubung dengan siapa saja dan dimana saja. Seperti facebook, yahoo massanger, atau mungkin skype.

  • Ingin menyalurkan dan mengeluarkan pemikirannya.
Banyak orang didunia ini yang memiliki pemikiran-pemikiran hebat, baik berkaitan dengan pemerintahan ataupun kehidupan. Tetapi kadang didunia nyata terdapat banyak tekanan untuk mengeluarkannya. Untuk itu, ketika anda memiliki blog, maka anda dapat dengan leluasa mengeluarkan pemikiran anda mengenai apapun. Dan bisa saja, anda akan bertemu serta berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran seperti anda.

  • Memiliki sesuatu yang ingin dijual baik berupa barang atau buku.
Yang ke 4, ketika seseorang memiliki barang atau sesuatu yang anda miliki dan ingin anda jual, maka blog merupakan sebuah pilihan yang sangat baik. Mengapa..?

Karena tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa, biaya keamanan, pajak ataupun tanpa perlu memiliki tempat khusus, anda dapat memasarkan barang yang ingin anda jual. Anda perlu ingat, bahwa ada banyak transaksi jual-beli yang terdapat didunia maya, contoh nyatanya bisa anda kunjungi beberapa blog seperti Dreamesh, Kerajinan Tangan, Taramezallpost. Blog-blog ini memang khusus untuk menjual barang yang mereka miliki.

  • Ingin memiliki penghasilan tambahan.
Yang terakhir ini pastinya menjadi tujuan utama dari sang pemilik blog. Jikalau anda mampu mengelola blog anda dengan baik, maka yang namanya uang akan datang kepada anda. Biasanya berupa iklan, yang paling terkenal adalah Google Adsense. Blog anda akan diberi harga yang mahal ketika, anda memiliki konten blog yang menarik dan memiliki pembaca yang cukup banyak.

Ada juga pekerjaan yang cukup anda lakukan didepan komputer dengan akses internet. Namanya Web Development, sebuah profesi yang dapat dijadikan tambahan penghasilan bagi anda yang memiliki pengetahuan mengenai web seperti css, javascript, html. Maksudnya disini ialah, anda akan dibayar untuk merancang tampilan blog sesorang atau sebuah perusahaan. Dan semakin bagus tampilan blog yang dapat anda ciptakan, maka semakin banyak uang yang dapat anda terima.

Itulah  tadi menurut saya beberapa alasan seseorang memulai blog. Intinya, jangan takut untuk memulai dan yakinlah bahwa jika diawali dengan niat serta tujuan yang baik, maka hasilnyapun akan baik bagi anda.

Semoga dapat membantu pertimbangan anda dalam memulai sebuah blog. Kalau saya pribadi memulai blog dengan semua pertimbangan diatas, kecuali point no.4, karena memang saya tidak berniat untuk melakukan jual-beli barang di blog saya ini.

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online