Sehat alami dengan makrobiotik

Bismillahirahmanirrahim..
Assalamualaikum Wr. Wb..

Pada bagian sebelumnya kita telah mengetahui bahwa masyarakat tionghoa memiliki cara tradisional yang sangat ampuh tentang bagaimana cara untuk menghambat penuaan. Untuk lebih jelasnya, anda mungkin dapat membaca kembali mengenai Tips Menghambat Proses Penuaan Dari Negeri Cina.
makrobiotik
Pada pembahasan kali ini, saya akan lebih mengulas lebih dalam mengenai Diet Makrobiotik ini.
Dengan kandungan serat yang tinggi, pola diet makrobiotik dapat menurunkan kolesterol dan gula darah pada penderita DM. Sementara itu, kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi dari sayur-sayuran berkhasiat sebagai antikarsinogen yang dapat mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Kandungan vitamin B yang tinggi dari beras merah dan lecithin dari kacang keledai dapat memperbaiki fungsi sel otak dan syaraf.

Komposisi diet dalam makrobiotik disusun berdasarkan anatomi dan fisiologi alat pencernaan. Karena itulah, komposisi yang seimbang adalah 50-60 persen padi yang masih memilki kulit ari, 25-30 persen sayuran, 10-15 persen kacang-kacangan atau daging, dan 5-10 persen rumput laut dan makanan yang sudah digabungkan, termasuk juga buah-buahan.

Dalam aturan diet makrobiotik juda disebutkan cara makan yang baik, yaitu mengunyah sedikitnya 50 kali. Tujuannya, selain membantu pencernaan, juga untuk meningkatkan produksi air liur atau saliva. karena didalam Saliva terdapat hormon yang dapat merangsang produksi T-Sel dan regenerasi sel-sel saluran cerna.

Dianjurkan pula untuk tidak makan sebelum tidur. Sebab, makan sebelum tidur (terutama yang mengandung gula) akan merangsang sekresi insulin. Zat ini akan menghambat sekresi hormon pertumbuhan yang biasanya terjadi satu atau dua jam pada awal tidur. Padahal, hormon pertumbuhan juga sangat berperan penting terhadap sistem kekebalan tubuh. Jadi bagi anda yang biasa makan sebalum tidur, utamanya makanan-makanan yang manis, saya harap anda mengurangi kebiasaan tersebut karena berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita.

Itulah tadi penjelasan lebih lanjut mengenai Diet Makrobiotik yang dapat Menghambat Proses Penuaan. Dan semoga kita semua dapat menjalani keseharian kita dan kehidupan kita dengan pola makan yang sehat.
Makasih dan semoga hari anda menyenangkan.

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online