Pelajaran dari si Hardisk

Assalamualaikum warahmatullahi Wabaraktu.

Sudah cukup lama saya tidak update blog ini, dikarenakan bagian dalam netbook saya yang merupakan salah satu bagian terpentingnya yaitu hardisk internal, mengalami kerusakan yang cukup parah. Hal tersebut dikarenakan saya sendiri yang cukup menyiksa kinerja netboook ini. Jadi yah hardisk internalnya tidak tahan lagi.

Ini adalah pengalaman saya yang teman-teman bisa jadikan pelajaran, supaya PC atau laptop teman-teman bisa awet dan tahan lama, terlebih laptop yang komponen didalamnya itu rata-rata dijual dengan harga yang mahal, jadi kalau ada yang rusak yah mesti nabung dulu beberapa minggu baru bisa beli.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang saya lakukan, yang kemungkinan besar saya anggap sebagai penyebab hardisk netbook saya rusak.
  1. Lama penggunaan netbook saya sehari bisa dibilang sangat lama, apalagi kalau ada isi modemnya, bisa seharian saya pakainya. Hal ini memang sangat berpengaruh pada kinerja dan ketahanan elektronik. Sama halnya manusia, elektronikpun kalau dipakai dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kepanasan dan lama-kelamaan bisa rusak.

  2. Hal yang kedua ialah saya seringkali mencoba distro-distro linux. Bagi linuxer jangan marah dulu, ini kesalahan saya pribadi kok. Sebenarnya bukan linuxnya yang bermasalah, namun ketika saya menginstal linux, saya terkadang tidak puas atau ada hardware yang tidak kompatible dengan jenis linux yang saya install, sehingga saya melakukan Recovery. Nah Recovery inilah yang sebenarnya membuat hardisk bekerja keras.

  3. Install dan Recovery adalah 2 hal yang juga sering saya lakukan beberapa bulan belakangan ini. Bayangkan dalam kurung waktu 1 minggu, bisa dikatakan saya sudah mencoba 3 distro linux dan merecoverynya kembali. Yah install kemudian recovery adalah hal yang paling saya anggap sebagai penyebab utama hardisk saya rusak.

Itulah mungkin 3 hal yang saya anggap sebagai pelaku perusakan hardisk saya, dan semoga teman-teman dapat merawat dengan baik barang elektronik yang anda miliki, karena biar bagaimanapun baiknya ataupun canggihnya barang elektronik, namun kalau tidak dijaga dan dirawat, saya yakin cepat atau lambat barang itu akan rusak.

Oh iya sekedar pelengkap saja.

Saya sudah hampir sebulan mencari hardisk di Makassar, namun harganya mahal-mahal semua dan ukurannya kebanyakan 1 Tera (terlalu besar bagi saya, sehingga saya tidak beli). Oleh karena itu juga, saya memilih mencari saja di forum jual beli, dan akhirnya menemukan hardisk internal di salah satu forum dengan ukuran 250 Giga dengan harga 300 ribu, karena barangnya ada di Jakarta, jadi saya menggunakan pengiriman JNE YES seharga 35.500(1 hari barang sampai). Untuk itu saya bisa kembali lagi ngeblog, namun saya isi data didalam hardisk itu hilang semua, baik file kuliah selama 6 semester, software, video, foto, musik, blog, dan dokumen-dokumen yang telah lama saya kumpulkan.

Terima Kasih dan semoga kebaikan selalu bersama kita. amin.
hardisk internal
(Saking pengennya saya memperbaiki hardisk ini, alhasil saya membukanya hingga kebagian piringannya. Tapi yah, nasibnya neh HD mang sudah rusak.)




26 Komentar:

  1. Konsisitennya harus tetap dingin juga sebenarnya hardisk itu, klo cuma sekedar bad sector bisa di akalin tapi klo dah medianya itu yang sulit.

    BalasHapus
  2. iya bang, padahal dah make Fan, cuma memang pemakaiannya yang keras oleh saya sendiri:).

    Yah semua data saya hilang.

    BalasHapus
  3. wah sudah lama tidak menulis nih.... seneng bisa melihat dan membaca tulisanmu online lagi.. terima kasih sudah diingatkan nih... sangat berguna pelajarannya untuk harddiskya...

    BalasHapus
  4.  hadir untuk meramaikan suasana.
    wah baru nulis post baru nihh.
    krna lama ngeblog, ternyata ada kerusakan hardisk.... ooooo

    BalasHapus
  5. Waduh, laptop saya udah bolak-balik install ulang dan recovery. Dari Win XP, Linux Mint, sampe Win 7. Bahaya yah?

    BalasHapus
  6. Ayo semangat lagi dan update lagi...
    Sayang kalau blog yg sudah jadi ini dianggurkan

    BalasHapus
  7. umur juga salah satu faktornya gan :D .. cmiiw

    BalasHapus
  8. wah masalah harddisk memang menjadi alasan klasik mas, kemungkinan itu tadi karena terlalu lama dalam pemakaian dan terlalu sering melakukan recovery, sebenrnya kalau piringan atau sektornya masih bisa dibenerin mas, dulu saja harddisk saya pernah terbakar bahkan hampir keseluruhan mesih sudah mati total tapi untungnya sektor masih aman, jadi data masih bisa diselamatkan sekitar 85%, kalau untuk masalah penggunaan sendiri saya baik PC maupun laptop kalau sudah terkoneksi internet, bakalan gak pernah mati, kalaupun di shutdown pun paling sekitar 1 jam saja, kemudia di hidupin lagi, dan alhamdulilah sudah 4tahun masih aman :)

    BalasHapus
  9. sip makasih banyak mas, kedepan bakal update rutin lagi kok :)

    BalasHapus
  10. iya mas, hardisk saya rusak jadinya blognya ditinggal dulu sejenak.

    BalasHapus
  11. Makasih banyak Om, blog ini akan terus saya rawat kok :)


    Soalnya dah banyak teman yg saya dapat dari blog ini.

    BalasHapus
  12. kira-kira piringannya masih bisa diselamatkan ga mas Deny, soalnya banyak skali data penting saya disini.

    BalasHapus
  13. Kalau masalah diselamatkan sih belum tentu mas, tergantung kerusakan dan tukang service-nya bisa atau tidak, waktu tu sih saya sampai 1bulan untuk service-nya,tapi di Surabaya, karena di kota saya Pasuruan tidak ada yg sanggup benerin

    BalasHapus
  14. Saya pernah mengalami itu, saya buka sendiri dan hasilnya.... data tak bisa direcover. Menyedihkan ya :(

    BalasHapus
  15. bukannya ada hdd external mas? disini juga lumayan mahal sih :D

    BalasHapus
  16. Hmm... berarti Harddisk Mas Endy rusak itu gara-gara Rentang waktu pemakaiannya yang Lama dan terus menerus tiu kali Mas. Ayas siy belum pernah ngalamin seperti itu siy, secara Ayas belum punya Laptop!!!
    Hweheheee.... 
    Tetap Semangat aja Mas Endy!!!

    BalasHapus
  17. kira-kira HD yang 1 Tera berapa yahh harganya ? :D

    BalasHapus
  18. waduh.. sama donk kayak lapto saya..
    kalau udah ada modem bisa hidup trus hampir 20 jm..

    BalasHapus
  19. wah, pengalaman pribadi bisa buat pelajaran utk diri sendiri dan teman2 lain ya mas, saya jadi mikir2 lagi buat nggeber PC / laptop terus buat internetan :D

    BalasHapus
  20.  Wah, saya sudah berulang kali mengalami ini mas. Sama seperti mas, HDnya saya bongkar sampai kelihatan piringannya. Tapi setelah dibongkar, HD  tidak saya buang. Saya taruh di tembok kamar. Jadi berasa dapat penghargaan Platinum :D hehe

    BalasHapus
  21. interior consultant7 Juli 2012 10.32

    makasih udah share ceritanya ya...salam persahabatan ya

    BalasHapus
  22. birthday party10 Juli 2012 16.41

    nice post :)

    BalasHapus
  23. kan bisa dibalikin file yg hilangnya bang... :D Oh ya, salam kenal ya...

    BalasHapus
  24. Febrianto Putra24 Juli 2013 21.48

    Makasih mas infonya...
    http://center60.blogspot.com/

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online