Kode Etik Ngeblog

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Tadi siang ketika saya sedang berada didalam kelas, pembahasan yang dibawakan oleh teman-teman penyaji yang berjudul "Etika Profesional & Kode Etik Akuntan" sangat menarik untuk saya ikuti. Tampilan power pointnyapun saya acungkan jempol, belum lagi yang menyajikan ilmunya pada tinggi-tinggi semua:).

Tapi yang ingin saya posting disini ialah bukan mengenai kode etik akuntan ataupun mengenai bahan kuliah, tapi lebih kepada judul materi tadi, Kode Etik. Tiba-tiba timbul dalam pikiran saya, ada tidak yah kode etik untuk ngeblog atau mungkin bisa saya katakan "Kode Etik Blogger". Pertanyaan yang membuat saya sedikit tersenyum, namun saya anggap menarik untuk dibahas.


Kode etik, merupakan sebuah tatanan perilaku ataupun sikap yang disesuaikan dengan nilai-nilai moral dan telah disepakati oleh beberapa orang dalam suatu kelompok sehingga dapat menjadi acuan dalam melaksanakan suatu kegiatan ataupun aktivitas pada sebuah profesi. Itulah pengertian kode etik menurut saya:).



Terkait mengenai Blogger, setahu saya yang namanya blog itu merupakan wadah untuk menuangkan segala bentuk pemikiran-pemikiran dari sang empunya blog, entah ia ingin menuangkan cerita hidupnya, atau mungkin sekedar menulis beberapa cerita-cerita fiksi yang ada didalam pikiran mereka. Namun, terlepas dari semua itu, tentunya ketika kita berbicara yang namanya Kode Etik, maka tentunya apa yang nantinya kita tulisan itu memiliki batasan, entah batasan wacana/topik, ataupun mungkin dalam penggunaan kalimat.

Dengan adanya kode etik blogger memang menurut saya bagus dalam hal ngeblog, soalnya dapat membuat pemilik blog lebih menjaga tulisan yang terdapat diblognya sehingga tidak keluar dari norma-norma yang terdapat pada masyarakat. Namun disisi lain, seperti yang saya tuliskan diatas bahwa ngeblog itu adalah suatu kebebasan, dan saya rasa ada berbagai macam pemikiran-pemikiran orang yang mereka tuangkan dalam sebuah blognya, sehingga kita pasti menyadari bahwa ada beberapa blog yang mungkin saja menyajikan tulisan-tulisan yang terdengar kasar ataupun diluar dari norma-norma sosial.

Mungkin dengan adanya Kode Etik Blogger itu lantas menjadikan beberapa pemikiran seperti diatas menjadi terpenjara dan terkurung. Dan dengan adanya Kode Etik pula seseorang seakan-akan diarahkan untuk bertindak sesuai dengan apa yang telah dituangkan dalam kode etik tersebut. Dan sangat bertolak belakang dengan yang namanya kebebasan. Tentunya makna kebebasan ini bisa memiliki defensi yang berbeda bagi saya ataupun teman-teman.



Akan tetapi.....
Disatu sisi, Kode Etik Blogger ini memang baik untuk diterapkan, karena bisa membuat blogger-blogger ataupun penulis blog dapat lebih menjaga tulisannya, entah itu bentuk tulisan ataupun mungkin penggunaan kalimat dalam tulisannya. Namun disisi lain, bisa saja memberikan batasan-batasan bagi beberapa orang dalam menuangkan pemikirannya.


Jadi bagaimana menurut teman-teman, apakah memamg Kode Etik Blogger itu dibutuhkan, cukup dibutuhkan, atau tidak dibutuhkan sama sekali?

Mungkin pendapat dari teman-teman bisa saja berbeda. Namun apapun itu, yang jelas merupakan sebuah pendapat, pasti akan sangat saya hargai.

Terima Kasih


12 Komentar:

  1. Selama tdk menyinggung terlebih menyakiti orang lain, blogger bebas menuangkan pola pikir dalam bentuk tulisan sesuai dengan gaya masing-masing

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  2. Mas Endi, Maaf neh cuma mo nanya aja :
    Di artikel terbarunya itu kok gak ada Kotak Komentarnya yach???
    Apa emang sengaja di  ilangin, ato emang Ayas gak Ngliatnya tuh???
    ^_^
    MAKASI MAS.

    BalasHapus
  3. Saya nggak ngerti juga nih, perlu apa nggak ya...

    BalasHapus
  4.  kode etik sama ga dengan etika?
    tapi sama ato ngga, intinya adalah "perlakukan orang lain sama seperti Anda ingin diperlakukan oleh mereka".

    oh ya, saya pernah memposting tentang etika berinternet (netiquette) di blog saya: http://togaptar.wordpress.com/2011/11/02/netiquette/

    BalasHapus
  5. Oh, yang terbaru itu hanya sebuah renungan mas :), jadinya saya sengaja hilangin kotak komentarnya dan beberapa elemen didalammnya. Supaya kita bisa lebih memaknai maksud dari tulisan tersebut.

    Agak jelek  yah, ga bisa kasih komen.heheheehehe..maaf..

    BalasHapus
  6. gimana mas, perlu apa tidak ini..
    Mungkin kesadaran pribadi aja mas :)

    BalasHapus
  7. kode etik mungkin lebih kepada etika yang dituangkan kedalam tulisan dan memiliki kekuatan hukum mas Togap:)

    Oh iya saya juga sudah baca, memang agak mirip pembahasannya.

    Mengenai diatasa, memang alangkah baiknya dalam menulis itu diperhatikan aspek kalimat dan penggunaan katanya, dengan harapan meskipun kita menulis sesuatu yang bisa menimbulkan pro dan kontra, namun kalau disajikan dengan susunan kalimat yang baik, kan bisa menghasilkan diskusi yang hangat.

    BalasHapus
  8.  ya. mengenai masalah tulisan, saya juga yg penting gampang dibaca & dipahami. walaupun kalo bisa menulis sesuai EYD itu menunjukkan kalau kita menghargai Bahasa Indonesia.. dan guru Bahasa Indonesia. :D

    BalasHapus
  9. di artikel yang baru kok ga ada kotak komentarnya..
    jadi ga bisa komen..

    BalasHapus
  10. Aku sih ga terlalu paham tentang kode etik blogger
    Bagiku yang penting menulis dari hati ndy..

    BalasHapus
  11. wah, saya belom paham yang gini2 nih..

    tp pasti blogger yang baik ialah blogger yang punya kode etik di blognya.

    BalasHapus
  12. Mursyalhaidra14 April 2012 15.51

    hidup harus perhatikan orang lain, sama halnya dgn entry blog hrus prhatikan orang lain, kode etik yg gak kaku pas spertix mnurut q, yoi , gudluck endy :)

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online