Warisan Untuk Anakku Kelak

warisan orang tua
Betapa indahnya jikalau manusia bisa menjaga bumi ini dengan baiknya. Sehingga anak, cucu merekapun masih dapat melihat dan merasakan warisan yang sangat berharga ini.

Namun disisi lain, semakin berkembangnya dunia ini, semakin banyak pula manusia yang tidak lagi mementingkan alam dan lingkungannya. Mengatasnamakan pembangunan, kemudian merubah lahan hijau menjadi sebuah ruko-ruko dan mal-mal yang bertingkat hingga hampir mencapai langit.

Sebuah konsep yang salah ketika memangkas habis ladang hijau diperkotaan untuk sebuah lembaran-lembaran rupiah. Padahal ladang hijau diperkotaan merupakan salah satu unsur utama dalam menyeimbangkan berbagai polusi-polusi ataupun pencemaran yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor serta limbah-limbah berupa asap-asap pabrik.
Sungguh tidak adil, ketika anak ataupun cucu kita yang lahir 10-20 tahun kemudian merasakan dampak negatif dari apa yang kita lakukan pada hari ini. Betapa mereka merasakan yang namanya pemanasan global, banjir dimana-mana, dan longsor dimana-mana.

Bahkan untuk pergi kesuatu tempat yang jaraknya cukup dekat, mereka lebih memilih untuk menggunakan kendaraan dibanding dengan berjalan kaki hanya karena alasan panasnya matahari.

Coba anda renungkan jikalau anda berjalan-jalan, dan begitu banyak pepohonan hijau yang melindungi kita dari panasnya pancaran sinar matahari, apakakah bukan kenyamanan yang anda dapatkan ?, bukankah kita semua ingin berjalan dibawah tempat yang teduh ?, bahkan seorang tukang becak dipinggiran sudut kota bisa sampai tidur dengan pulasnya dibawah sebuah pohon yang tidak terlalu tinggi namun dengan daun yang sangat rindang.


Warisan Untuk Anakku Kelak
#Hanya sebuah catatan ketika naik kendaraan umum dan merasakan panasnya suhu di kota. Ditambah hitamnya asap knalpot, membuat saya berpikir seperti ini.


1 Komentar:

  1. Di kotaku sudah terasa nih, lahan hijau makin berkurang. Gantinya ruko dimana-mana. Perubahan cuacanya terasa banget. Pagi" pun sinar matahari bukan lagi hangat tapi mengigit kulit. 

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online