Antara Tampilan Dengan Tulisan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Antara tampilan dengan tulisan. Ini adalah hal yang sebenarnya dialami oleh kita semua selaku pemilik sebuah blog atau situs. Karena terkadang kita bingung ketika dihadapkan pada kenyataan bahwa tampilan blog kita bagus, tetapi tulisan-tulisan yang kita buat, kurang mendapat perhatian dari pengunjung. Disisi yang lain, tulisannya mendapat banyak feedback atau umpan balik dari para pembaca, namun tampilan pada blog ini sangat sederhana. Bagaimana menurut pendapat Anda ?...


Yah mungkin saja semua tergantung dari pemilik blog tersebut.

Mungkin ada diantara anda yang mengatakan....
Meskipun jarang ada yang meninggalkan komentar, tapi setidaknya saya sangat senang jika melihat temapilan blog saya...

Dan saya yakin, ada pula yang berpendapat seperti ini....
Percuma tampilan bagus, kalau pengunjungnya tidak ada...

Kesemua pendapat ini sah-sah saja. Tetapi coba Anda bayangkan bagaimana jika Anda memiliki blog yang memiliki konten yang super, dan dengan tampilan yang menarik. Tentu saja, pengunjung Anda akan semakin berlama-lama diblog anda, tidak hanya nyaman membaca artikel Anda, namun juga matanya dihibur dengan desain blog yang Anda sajikan.


Dan walau bagaimana pun, seperti yang tadi saya katakan, semua ini tidak lepas dari keinginan dan kemampuan pemiliknya. Dan 1 hal yang pasti, setiap blog punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Entah dari tulisannya yang super atau dari tampilannya yang memukau.


2 hal terpenting menurut saya berkaitan dengan tampilan atau tulisan ialah..

1. Mengenai tulisan..
Jangan meniru konten orang lain. Kalaupun repost, baiknya sertakan link sumber.

2. Mengenai tampilan..
Seperty kata Mas Rudy Azhar, gunakan jurus amati, tiru, dan modifikasi.


Inilah tulisan singkat yang dapat saya bagikan dengan Anda dimalam hari ini. Semoga apa yang saya tulis, memberikan manfaat yang baik pada kita semua.

Terima Kasih.


36 Komentar:

  1. pertamax.........

    Kolomnya kelebaran Mas, sebaiknya dibuat tiga kolom aja biar lebih bagus...he...he..h.e...

    Ntar saya komentar yang nyambung dengan isi postingan ini ya?

    BalasHapus
  2. Tampilan nya bagus, tapi kalau seperti koran semestinya setiap tulisan itu ya cuma di satu kolom. Tidak nyebrang di kolom sampingnya, tapi semua bagus koq dan tetap semangat menulis :D


    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  3. @Rudy Azhar:tadinya mau dibuat begitu mas, tapi yah itu tadi, gapnya terlalu lebar dan jadi sedikit berantakan..jadi dibuat 2 kolom aja..

    makasih mas Rudy sudah berkunjung..

    @Sugeng:makasih atas sarannya mas sugeng, tapi ini hanya sekedar membuat beda aja dari halaman yang lain :D

    BalasHapus
  4. @Sugeng: sepanjang desainnya tidak berlebihan dan tidak menggangu konten tidak masalah. kalau mau tampilan satu kolom dan enak dibaca banyak caranya, salah satunya pakai fitur reader di safari

    BalasHapus
  5. wah kotaknya bisa miring gitu, keren. Gambar atau CSS mas ?

    BalasHapus
  6. oh pake Transform ya , kebetulan saya sedang belajar ini.

    BalasHapus
  7. bagus nih tips-tipsnya, belajar untuk menghargai karya :3

    BalasHapus
  8. @heru:betul mas Heru, yang jelas kita buat bagaimana supaya pengunjung merasa nyaman baik itu melalui konten atau tampilannya..dan jangan selalu terpaku mengenai apa yang telah ada..

    @Mbah Qopet:1. saya menggunakan css mas, saya jarang menggunakan gambar.
    2. Ya, kotanya miring karena diberi efek transform 6 deg, jadinya kayak gitu..

    @sheno monkey:kita mank harus selalu menghargai karya orang, kan kita juga mau dihargai..

    Makasih dah berkunjung semua..

    BalasHapus
  9. Intinya buat saya ngeblog itu yang penting bisa menciptakan sesuatu yang berbeda baik dari segi konten dan tampilan walaupun hasilnya kurang bagus tapi bangga dengan buatan sendiri :)

    BalasHapus
  10. @Putra Tenzhung:betul mas..entah bagaimana hasilnya, yang jelas kalu hasil pemikiran sendiri, pasti jauh lebih berharga menurut saya..

    BalasHapus
  11. waduh malah jadi bingung kapan musti baca kolom kanannya :(

    BalasHapus
  12. @Imelda:maaf mbak Imelda, agak sedikit lain dari yang biasanya,,,

    bacanya seperti biasa aja..:D

    BalasHapus
  13. klw saya punya satu pendirian endy "menurut saya komentar atau tidak sama aja,yg penting blog yg saya miliki itu bisa bikin saya terhibur"

    BalasHapus
  14. @Andre Pandet Rank Khoerai:iya mas Andre..mank ada kebanggan kalau desain blog kita bagus..
    apalagi desainnya ma Andre..mantap^_^

    BalasHapus
  15. Siipp... Ayas Setuju BGT Boss!!!
    Sebagai Blogger Kita kadang Kita dituntut untuk membuat konten yg menarik serta tampilan yg menarik juga!!
    Keduanya emang penting siy,,, asal jangan membuat Kita terlalu terbebani untuk selalu menyediakan Konten & Tampilan yg waah.. itu malah membuat Kita Pusing sendiri!!!
    Yg penting tetep Ngeblog apa adanya ajah,,, Expresikan Aksimu!!!
    Hweheheee....

    BalasHapus
  16. @BagiBagiBlog:bener skali mas dan satu yang saya suka dari komentar mass Bagio,,,

    "Expresikan Aksimu"

    BalasHapus
  17. Tampilannya keren bgt kok, Bung. Saya suka gaya 2 kolomnya itu. Soal kualitas tulisan, kan bisa menyusul. Pelan-pelan sambil jalan. Orang jauh lebih suka blog berpenampilan bagus meski isinya pas-pasan, ketimbang blog berkonten bagus tapi tampilannya asal-asalan. Konsep "don't judge a book by its cover" tak berlaku di sini.

    BalasHapus
  18. cuma masalahnya masih banyak orang yang nekat nyolongin karya orang (ngebajak) dengan tameng ga tau atau ga peduli -,-

    BalasHapus
  19. @Bung Eko:makasih mas...don't look book by cover...wah berartisekali itu mas..

    @sheno monkey:iya mas,,jarang sekarang ada orang yang menghargai tulisan orang lain...

    BalasHapus
  20. saya sudah tiga kali main ke sini, dapet piring cantik dong ;D haha ditunggu update terbarunya, dan jangan lupa bertamu kembali pada gubuk saya.

    BalasHapus
  21. kalo saya pribadi lebih mengedepankan tampilan ketimbang tulisan, alasannyaaa... yaa banyak ehehee..

    BalasHapus
  22. saya masih bingung dengan hover dan semua yang kamu sebut tadi karena saya termasuk amatir di dunia photoshop. maksud kamu hover seperti apa ya? ;D well, terima kasih sudah mengapresiasikan photo saya. cheers.

    BalasHapus
  23. kalau yang direpost itu tulisan diri sendiri bagaimana? ;p

    BalasHapus
  24. Saya lebih mentingin konten ketimbang tampilan. Bukannya ngga bisa membuat theme sendiri, tapi memang ngga cukup waktu bermain dengan code, mending waktunya buat nulis konten :)

    BalasHapus
  25. @mongs:yah g apa-apa..kan hak patennya milik kamu sendiri....hehehe...

    @Ladida Cafe:mungkin kalau tampilannya bagus,,teman-teman pasti akan semakin betah tinggal di blog sampeyan..

    @Kaget:bagus itu mas..saya juga suka konten yang bermutu...
    ntar saya datang dan liat blog mas..^_^

    BalasHapus
  26. Tentu saja harus ada keselarasan antar tulisan dan tampilannya bang endy :D hehe

    BalasHapus
  27. @Ijal Fauzi:baiknya sih gitu Jal, tapi tidak semua orang kan bisa buat tampilannya menarik...

    contohnya blog ini, tampilannya hanya apa adanya saja:D

    BalasHapus
  28. @Endy: ngga ada kata ngga bisa bang, yang ada adalah belum bisa. kalo mau coba, pasti bisa. semua ngga akan instan dan bisa begitu aja

    BalasHapus
  29. mmmm....saya pilih yang tampilan baik dan pengunjung baik, :) gimana caranya ya?

    BalasHapus
  30. @buku dakwah:tulis saja sesuatu yang anda suka, baik untuk dibagi dengan orang lain..

    mengenai tampilan, saya rasa anda bisa mengetahui ketika melihat suatu blog,,,bukan karena kecanggihannya, tapi karena blog itu bersahabat dengan mata...

    BalasHapus
  31. sip deh mantap nih buat insprirasi

    BalasHapus
  32. @Zh!nTho:makasih bos.....letter.jsnya mantap..

    BalasHapus
  33. Ini pake konsep blogazine ya? Tapi kok kolomnya agak membingungkan ya?

    BalasHapus
  34. @isnuansa:kalau boleh tahu, membingungkan bagaimana mbak..?

    (makasih atas kritiknya:D)

    BalasHapus
  35. Tapi blog ini tampilannya dah bagus mas

    BalasHapus
  36. @Aryo Seno:neh pujian atau apaan mas...hehehe...

    tapi makasih banyak..

    kalau mank pujian, alhamdulilah..
    kalau kritikan, saya akan berusaha lebih baik lagi mas..

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online