Aku Menyesal Lahir di Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb

Aku menyesal lahir di Indonesia.

Yah itulah ungkapan yang saya rasakan ketika umur saya mencapai 21 tahun. Tetapi saya harap anda tidak akan marah kepada saya jika saya mengatakan aku menyesal lahir Indonesia, karena saya mungkin akan berusaha membenarkan diri saya dan tidak mau dipersalahkan atas pendapat yang saya utarakan.

Kita semua percaya bahwa Indonesia sangat kaya akan keindahan alamnya, Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman budayanya, sangat kaya akan berbagai macam bahasa yang menjadikan Indoensia semakin unik dan sangat berharga. Lantas kenapa saya masih menyesal lahir di Indonesia.

Mungkin dibawah ini ada beberapa pembenaran dari apa yang saya rasakan, sampai-sampai berani berkata..

Aku Menyesal Lahir di Indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa Indonesia terdiri atas berbagai pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil yang banyak diantara mereka, masih terjaga keindahan panorama alamnya. Sehingga ada beberapa orang yang mengatakan bahwa jika ingin melihat surganya dunia, maka datanglah ke pulau-pulau di Indonesia.

Jangan bertanya kepada saya, kenapa anda menyesal, padahal yang Anda sebutkan diatas membuktikan bahwa Indonesia sangat indah. Begini, saya menyesal lahir di Indonesia, karena malu bahwasanya ada beberapa oknum-oknum yang rela menjual surga-surga dunia tersebut ke pihak-pihak asing hanya karena beberapa lembar uang dollar. Dan yang sangat menyedihkan lagi ialah pemerintahnya kurang serius merawat pulau-pulau terluar sehingga pulalu-pulau terluar di Indonesia, banyak yang sudah mulai diklaim oleh pihak asing sebagai pulau mereka. (baca: Pulau Jemur, warisan leluhur Indonesia yang di klaim malaysia).

Yang kedua, sebagaimana kita juga sama-sama mengetahui bahwa perkembangan sepak bola di Indonesia sangat baik serta pemain-pemain asli Indonesia yang bermunculan pun memiliki skill-skill yang luar biasa hebat. Meskipun banyak pemain asing yang masuk ke dalam klub-klub di Indoensia, tetapi skill pemain asli Indonesia masih sanggup mengalahkan pemain asing tersebut.

Jangan lagi bertanya kepada saya, lantas apa lagi masalah Endy ini sehingga menjadikan sepak bola sebagai alasan mengapa ia menyesal lahir di Indonesia, apa Endy ini memang banyak masalah atau gimana.

Sepakbola di Indonesia memang betul-betul sangat mengagumkan, saking mengagumkannya, ada beberapa orang-orang yang menjadikan sepakbola ini sebagai senjata untuk memuaskan nafsunya dalam rangka mencapai kekuasaan. Mungkin anda sudah tahu, tapi kalau anda belum tahu, maaf saya tidak akan mengatakannya disini, karena saya takut akan keselamatan saya. (baca: Sepakbola di Politisasi).

Alasan yang ketiga ialah, kita bersama mengetahui bahwa Indonesia adalah negara hukum, dan tiap warga negara Indonesia tanpa memandang status dan kedudukannya yang jelas melakukan tidak kriminal, utamanya tindakan kriminal yang merugikan orang banyak, wajib dihukum sesuai dengan tindakan kriminal yang dia lakukan.

Namun seperti yang kita lihat pada kenyataan yang terjadi, pada sekitar-sekitar kita, dan terlebih pada layar televisi kita, bahwa hukum tersebut hanya berlaku pada orang-orang tak memiliki kekuatan atau orang-orang (maaf) miskin. Sedangkan untuk orang kaya dan orang-orang yang memiliki kekuatan super yang melebihi kekuatannya Suparman, pasti akan kebal terhadap hukum. (baca : Nenek diadili karena 6 bambu, Tersangka korupsi jadi calon gubernur).

Itulah tadi beberapa alasan saya, mengapa pada umur 21, saya mengatakan menyesal lahir di Indonesia. Sebenarnya masih ada beberapa alasan lagi, tapi hanya ini yang bisa saya bagikan kepada anda. Dan insya Allah kedepannya, saya berharap bahwa akan banyak berdatangan orang-orang baik dan beragama yang akan membuat bangsa Indonesia yang tercinta ini, menjadi jauh lebih baik lagi dari sekarang ini, dan pastinya dapat sangat membanggakan bagi setiap warga negaranya.

Sehingga dimasa depan terjadi perubahan, yang pada akhirnya membuat saya dan anda-anda semua akan berkata,
Saya bangga dan bersyukur lahir di Indonesia
Dymitra Liandy
Mohon maaf kalau ada kesalahan dalam tulisan saya ini, dan semoga kita semua dapat memperoleh pembelajaran dari apa yang tiap hari kita lihat.Amin.

Makasih dan Assalamualaikum Wr Wb.

30 Komentar:

  1. Indonesia menghadapi banyak hambatan dalam upaya menyempurnakan peraturan dankebijakan lingkungan dan penerapannya. Hambatan-hambatan ini meliputistruktur kelembagaan yang terfragmentasi, koordinasi yang terbatasantara kementerian-kementerian dan instansi-instansi tingkat pusat dandaerah, serta keterbatasan sumber daya keuangan dan teknik.

    BalasHapus
  2. @Majalah Masjid Kita:betul mas, namun pada hakikatnya yang melaksanakan peraturan itulah yang mesti kita perbaiki dulu, karena bagiamanapun sempurnanya suatu peraturan, namun kalau pada penerapannya tidak sejalan dengan makna peraturan itu, maka akan menghasilkan sesuatu yang bertentangan dengan hakikat peraturan itu sendiri..

    Makasih atas kunjungannya..

    BalasHapus
  3. Itulah indonesia negara paling kaya tapi miskin moral,sehingga kekayaan alam & budaya yang ada malah di salah gunakan oleh segelintir orang untuk memperkaya diri mereka sendiri
    Ditunggu kunjungan balik ya

    BalasHapus
  4. @Andy:memang mas yang perlu diperbaiki sebenarnya yang terpenting ialah orang-orangnya...karena orang-orang inilah yang menciptakan kebobrokan bangsa ini..

    BalasHapus
  5. kalau menyesal lahir di Indonesia, mintalah untuk dilahirkan kembali di Yogyakarta saja, hehehe

    BalasHapus
  6. kalau saya mah nggak menyesal lahir di Indonesia ini fakta kehidupan yang bermasalah hanya bagaimana menyikapi semua yang ada

    BalasHapus
  7. @jarwadi:iya mas, entar kalau ada tiket baru menuju kesana :D

    Makasih kunjungannya..

    @presto:saya cuma malas aja mas, ngeliat begitu banyak orang yang diberi amanah oleh rakyat namun pada kenyataannya amanah itu malah disalah gunakan untuk kepentingan pribadi..

    BalasHapus
  8. weehhh nyesel nieee ,.... sy ngak nyesel kok ,.. krena sy cinta di mna tempat sy di lahirkan dan di besarkan , nanti kita yg muda2 ganti yg tua2 ,.. yg pnting kita komitmen membngun untuk negeri ,.. btw buat teman2 jngn lupa silaturahmi ke blog sy http://unromances.blogspot.com , hehehehe

    BalasHapus
  9. DIMANA BUMI DIPIJAK DISITU LANGIT DIJUNJUNG...

    BalasHapus
  10. Kalo saya sih bagaimanapun Indonesia keadaannya, saya tetep bangga dan cinta Indonesia. Sesuatu jangan disorot dari hal yang negatifnya. Mari kita coba melihat sisi positifnya.

    Masih banyak kelebihan Indonesia.. Kekuarangan hanya menjadi pelengkap.

    Salam, Danu Akbar.

    BalasHapus
  11. Perubahan itu bisa saja terjadi. Menyesal yang berlarut-larut bukanlah solusi. Selama kita bisa konsisten membangun diri, kehidupan berbangsa yang lebih baik akan tercapai.

    Kita nggak usah pedulikan generasi tua yang nggak mau berubah. Mereka itu sudah tua dan nggak bisa dibentuk lagi. Mumpung kita masih muda, inilah kesempatan bagi kita dan teman-teman muda lainnya untuk memperbaiki diri.

    BalasHapus
  12. @Diaz unromances:makasih cika, ntar saya datang..ok.

    @sanman:luar biasa kalimatnya mas..

    @Danu Akbar:betul mas, dari kekeurangan kita bisa melihat kelebihannya..

    @Agus Siswoyo:ini yang saya maksud, generasi mudalah yanh harus melakukan perubahan dan memperbaiki sistem yang telah berakar ini..

    BalasHapus
  13. Menyesal Tak Ada Gunanya Karena Kita Sudah Terlanjur Hidup DI indonesia, Dan itu Sudah Takdir Yang Maha Kuasa

    BalasHapus
  14. di dunia ini tidak ada yang sempurna...

    negara kita juga seperti itu...

    ada ungkapan seperti ini "rumput tetangga lebih hijau dari rumput kita"

    masih untung loh kita di indonesia

    coba bandingkan dengan negara amrik, di sana tuh mereka kuliah dengan ngutang, belanja dengan ngutang, apa-apa ngutang, akibatnya banyak dari mereka yang diusir dari rumahnya.... ada juga fakta lain yang miris masa' gaji pilot tuh lebih rendah dari pegawai yang kerja di restoraran cepat saji?

    maka paling tidak bersyukurlah kita semua tinggal dan hidup di indonesia yang meyebalkan ini (-_-)

    BalasHapus
  15. @Zh!nTho:iya mas, maksud saya memang supaya kita dapat lebih memperbaiki negeri ini

    @h13inside:saya memang beruntung tinggal di Indonesia...

    makasih atas kunjungannya

    BalasHapus
  16. Haduuuh sudahlah, jangan disesali, kalo saya sih bersyukur jadi orang Indonesia. :D

    Saya bersyukur di Indonesia, karena kehidupan islam-nya sungguh lebih baik daripada di tanah arab sendiri (saya tahu setelah saya baca buku Valiant Budi yang "Kedai 1001 Mimpi).

    Saya bangga mendukung timnas sepakbola meski kalah terus, karena saya jadi punya alasan untuk mendukung timnas jerman.

    Saya bersyukur tinggal di Indonesia, cuaca dan iklimnya sempurna. Coba, gimana kalo saya tinggal di negeri yang mataharinya lamaaa banget, dan malam cuma sedikit. Atau, di negeri yang dingin, beku, tapi matahari nongol terus. Tuh, mending di Indonesia dong. :D

    *komentar melenceng dari posting-an*

    BalasHapus
  17. @Asop: betul mas Asop, ada banyak yang harus kita syukuri, dari pada memikirkan hal yang memusiingkan...

    makasih mas atas komennya,,masuk akal..

    BalasHapus
  18. Saya sih bukan menyesal mas, namun sangat di sayangkan jika kepemerintahan Indonesia seperti itu.

    BalasHapus
  19. Saya juga akan menyesal lahir di Indonesia setelah melihat kenyataan2 yang tertulis diatas. Tapi saya membayangkan, seandainya saja setiap orang, satu-persatu generasi sekarang meyakini hal diatas adalah salah dan tidak pantas dilakukan apalagi sampai menjadi sistem turun menurun, pastinya 10 atau 20 tahun mendatang Indonesia akan menjadi lebih baik. Dan tentunya juga generasi yang akan datang akan berkata sebaliknya, "Aku Bangga lahir di Indonesia".

    Tingal kita sebagai generasi sekarang, haruskah kita mencontoh dan melakukan hal yang dilakukan oleh pemegang kebijakan sekarang? Atau masih adakah diantara kita yang berpikiran, "Orang kaya diatas sja masih korupsi apalagi saya?" Jika masih seperti itu...GUE NYESEL BANGET JADI WNI

    Nice post and happy blogging!

    BalasHapus
  20. @Iskaruji dot com:betul mas..harusnya mank sudah ada perubahan, tapi mengapa dari tahun ke tahun selalu saja ada yang seperti ini..

    pemerintanya berganti, orang-orangnya juga berganti, tapi kenapa Indonesia tetap begini..

    BalasHapus
  21. krisis di indonesia belum selesai gan, mungkin kalau sudah selesai [koruptornya] paling indonesia bagus kembali :)
    Kalau soal sepak bola, BBEEEUUHHH jangan tanya :D

    BalasHapus
  22. mmmmm...itu lah negara kita tanah air kita..walau bagaimanapun kita lahir di sini..

    BalasHapus
  23. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  24. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  25. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  26. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  27. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  28. Bro...sya pun trkdang trsa skit skili bila tlh memijakn kaki di ngra orang....bgitu beruntung nya orang yg di lhirkn di sni....betapa behrga nya indntitas to mreka...krna hnya dgn sbuah kard pengenalan yg sah...mereka dapt klbihan di pmrintah...dapt kmudahan...dpt ksjtran dan pelindungan dri pmrintah..dan keadilan pelindungan...di dpan mta sya pun bnyak kli sya mlihat pegak hukum yg begitu trhormat dan brmartbat...mau pun Di plyanan msyrkat nya..dan hukum yg tak pndang bulu....jgn kn smpai menindas...cuma gra2 ,duit rp 20 (yg di ngra mreka hnya dpat stngah bungkus rokok)pnegak hkum di buang krja dlm wktu 24 jika trbukti brslah..dan djtuh hkuman..tpi di ngra tmpt ku di lhir kn,yaitu INDONESIA aku hrus tkut dan mrsa sbgai anak bngsa tiada bearti apa...jlas di luar bngunan plyaan msrakat,KAMI SIAP MELAYANI ANDA..MENGAYOMI DAN MELINDUNGI MASAYRAKAT....DAN KTP,KK.AKTE KLAHIRAN GRATIS...tetpi kyataan nya lain dgn apa ditrap kn...stlah msuk...KAMI MELAYANI YANG MEMPUNYAI UANG.....tak tau kmna tmpt mngduh...jika kmi prtes...mrka hnya menjwagb(DI ATAS UDA BEGITU)di mna keadilan tk kmi...sbgai WNI....blum lgi hsil bumi yang tak tau kemna...klau aq bawa kenderaan di mana aq mengijakn rem...pasti di sana ku hrus byar duit prkir....kmna hasil sumber daya alam...yang konon ktanya sngat kaya.....

    BalasHapus
  29. Nicholas Susanto9 Januari 2014 20.18

    Kalau aku sih...Karena panas , coba kalau negara-negara Eropa seperti London , Inggris . Udah maju gak panas lagi !

    BalasHapus
  30. GW menyesal jg bro ini negara mayoritas warganya oon apalagi yg di kota tp sifat kampung benci banget gw udah bodoh sok jagoan pula banyak tuh org indo begitu gk ada rasa toleran klo ada masalah langsung aja nantang duel emg gtu indo seandainya gw boleh doa 1x dan bisa di kabulin gw minta agama islam dan budaya islam di pindah ke negara lebih baik yg mayoritas masyarakat nya pinter dan tidak bodoh

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online