Susah buat template menjadi menarik?

Assalamualaikum Wr . Wb.

Kali ini saya akan membagi pengalaman menarik mengenai template blogger.

Mengapa saya ingin membagi pengalaman ini, karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pemilihan template merupakan satu hal yang penting dalam membuat blog. Tampilan yang menarik serta design yang memudahkan pembaca dan nantinya ditambah dengna konten-konten yang sangat bagus dapat membuat blog kita ramai pengunjung dan dapat menempati urutan pertama Google..( Ini kan yang setiap pemilik blog impikan..).

Dalam hal memilih template, saya selalu mencari berbagai template yang menurut saya bagus atau menarik. Berkeliling melihat template blog orang dan melihat source kodenya, merupakan hal yang sangat membantu dalam hal membuat template kita menjadi semakin menarik.

Tidak bermasuk mengcopy template orang, tapi ini dapat kita jadikan pelajaran dalam memperindah template blog kita.

Hal yang penting dalam memilih tampilan template adalah perhatikan kode cssnya dan bagian bodynya, karena ini sangatah penting. Mengapa saya katakan sangat penting, karena bagian-bagian inilah yang menjadi struktur dari template blog kita.

Dari kode css tersebut kita dapat merubah template kita menjadi template yang kita inginkan.

Kita dapat melihat bagian sidebar, bagian postingnya, headernya ataupun hanya bagian komentarnya. Ini semua tergantung dari bagian mana dari blog tersebut yang menurut kita menarik.

Contoh sederhana dari yang saya katakan tadi mengenai melihat source kode suatu blog, melihat css beserta bagian-bagian dalam bodynya adalah dapat anda lihat pada blog saya ini.

Dari template thesis 3 kolom yang saya download dari Deluxe Templates, menjadi template yang saya gunakan sekarang.

Bagian header yang saya gunakan sekarang, saya buat seperti header template Thesis buatan Hack Tutors dan ditambah sedikit perubahan. Bagian utama dari blog saya. saya menyukaii tampilan template Arberra yang dibuat oleh Lasantha Bandara. Dan dibagian komentarnya, saya sangat menyukai tampilan komentar dari template Crackatoa yang dibuat oleh Lasantha Bandara dengan merubah sedikit warna komentar untuk pemilik blog dan tombol replynya.

Itulah mungkin yang dapat saya bagikan dengan Anda. Dan saya berharap kita semua dapat selalu saling belajar dan berbagi, baik itu pengetahuan mengenai blog ataupun ilmu-ilmu lainnya.

Pesan saya ialah, jangan takut untuk mencoba dan mengubah-ubah css dari template yang anda gunakan. Dan yang terpenting, selalu buat copyan dari template yang Anda pakai.

Makasih dan Assalamualaikum Wr. Wb.

1 Komentar:

  1. oh...bagus juga ide yang anda paparkan di post diatas...karena tidak semua template itu sempurna dan kadang ada template yang tampilannya bagus, jadi kenapa tidak digabung aja semua fitur yang kita inginkan...

    BalasHapus


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online