Melihat Hikmah Dibalik Penyakit

hikmah
Penyakit merupakan sesuatu yang diderita manusia akibat kurangnya ia menjaga atau memperhatikan kesehatannya. Dan banyak orang menganggap bahwa tidak ada hikmah dibalik penyakit, yang ada hanyalah hal yang tidak baik.

Namun ketika kita dilanda penyakit, barulah mungkin kita menyadari, bahwa memang penyakit juga memiliki hikmah yang sangat baik.


Berikut adalah 5 hikmah ketika anda melihat penyakit dari sisi yang lain :
  1. Tuhan tidak mengirimkan  penyakit hanya karena ingin merubah kesehatan seseorang,  tetapi melalui penyakit juga, kita ditegur oleh Tuhan atas kesalahan yang kita lakukan. Mungkin baru-baru ini kita melakukan sesuatu yang kurang baik atau mungkin menyakiti perasaan seseorang. Sehingga melalui penyakit, kita disuruh untuk berpikir hal-hal apakah yang kita lakukan beberapa hari ini?, apakah ada hal yang kurang baik yang kita lakukan?.
  2. Penyakit membuat kita mengerti bahwa manusia adalah mahkluk yang lemah dan sangat membutuhkan kehadiran Allah Swt. Ketika terserang penyakit, kita manusia yang memiliki tubuh yang besar dikalahkan dengan bakteri serta virus yang jelas-jelas tidak terlihat oleh mata. Nah dengan ini pula, kita manusia tidak boleh sombong dan mengatakan bahwa kita adalah mahkluk yang sempurna, karena sekuat-kuatnya suatu hal, maka pasti ada hal yang lebih kuat dibandingkan dia.
  3. Penyakit dapat membuat kita sadar bahwa kita hanyalah sementara didunia ini dan cepat atau lambat tentu kita akan menemui yang namanya kematian. Ketika terserang penyakit, banyak manusia yang menganggap dirinya akan meninggalkan dunia ini, tetapi Tuhan memberikan ia kesempatan untuk memperbaiki kehidupannya dengan memberikan kesembuhan terhadap penyakitnya. Dan ada pula yang menganggap karena dirinya sehat, maka ia akan memliki umur yang panjang, namun tak diduga ia tiba-tiba terserang penyakit dan langsung menemui kematian. Sehingga kita manusia sebaiknya percaya, bahwa kesempurnaan hanyalah milik Allah Swt.
  4. Penyakit dapat pula mendekatkan diri kita kepada Allah. Ketika manusia diberi kesehatan yang baik, mereka banyak melakukan hal-hal dunia sehingga melupakan hal-hal yang berkaitan dengan akhirat. Sehingga Tuhan akan mengingatkan kita dengan memberikan kita penyakit. Biasanya manusia hanya berkata, bahwa ia mengalami penyakit karena terlalu benyak aktifitas sehingga melupakan kesehatan, tetapi sebenarnya Tuhanlah yang menegur kita. Dengan maksud memperbaiki hubungan kita sebagai manusia dengan PenciptaNya.
  5. Penyakit dapat membuat kita mengerti, betapa besar kemurahan yang Allah berikan kepada kita melalui kesehatan. Mengapa saya mengatakan demikian?, Cobalah anda berkunjung ke rumah sakit, dan sekali-kali lihatlah orang-orang yang terbujur lemah disetiap kamar rumah sakit. Itulah bentuk kemurahan serta kebaikan yang Allah Swt berikan kepada kita melalui kesehatan. Kesehatan yang dapat membuat kita melakukan aktivitas dengan baik, kesehatan yang mampu membuat kita bekerja lebih giat, dan kesehatan pula yang mampu membuat kita selalu mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampun atas setiap dosa yang kita lakukan.

Itulah mungkin hikmah dibalik penyakit yang dapat saya bagikan kepada anda, dan semoga memberi banyak manfaat bagi kita semua. Sehingga apabila kita diserang penyakit, namun ketika penyakit itu dapat membuat kita menjadi lebih baik, lebih mendekatkan diri kepada Allah, maka itu berarti bahwa,  Penyakit yang menyerang anda adalah sesuatu yang baik.

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online