Pengendalian Internal Berbasis COSO

COSO merupakan singkatan dari The Committee of Sponsoring Organizations of The Treadway Commission adalah sebuah organisasi sektor swasta yang sukarela, didirikan di Amerika Serikat, yang bertujuan untuk menyediakan panduan kepada manajemen eksekutif dan pengelola perusahaan tentang aspek-aspek kritis dalam pengelolaan organisasi, etika bisnis, pengendalian internal, manajemen risiko perusahaan, kecurangan, dan pelaporan keuangan.
COSO telah menerbitkan sebuah model pengendalian internal yang umum yang dengannya perusahaan dan organisasi dapat menilai sistem pengendalian mereka.

Karena adanya praktik-praktik kampanye politik dari keuangan perusahaan dan praktik-praktik korupsi di dalamnya pada pertengahan dekade 1970-an, SEC di Amerika Serikat dan Kongres AS membuat reformasi hukum kampanye keuangan dan Foreign Corrupt Practices Act (FCPA) tahun 1977 yang mengkriminalisasikan praktik penyuapan antar negara dan mensyaratkan perusahaan-perusahaan untuk mengimplementasikan program pengendalian internal. Sebagai responsnya, the Treadway Commission, insiasi sektor swasta, dibentuk pada tahun 1985 untuk memeriksa, menganalisa, dan membuat rekomendasi pada kecurangan dari pelaporan keuangan perusahaan.

The Treadwy Commission mempelajari sistem pelaporan informasi keuangan selama periode Oktober 1985 sampai dengan September 1987 dan mengeluarkan laporan temuan dan rekomendasi pada Oktober 1987 yang berjudul Report of the National Commission on Fraudulent Financial Reporting.

Sebagai hasil dari laporan resmi tersebut, COSO dibentuk dan membayar Coopers & Lybrand, perusahaan CPA utama, untuk mempelajari masalah-masalah yang ada dan membuat laporan mengenai kerangka kerja pengendalian internal yang terintegrasi.

Pada bulan September 1992, laporan sebanyak empat volume yang berjudul Internal Control – Integrated Framework diterbitkan oleh COSO dan kemudian diterbitkan ulang dengan sedikit perubahan pada tahun 1994. Laporan ini menyajikan definisi umum dari pengendalian internal dan menyediakan kerangka kerja yang dengannya pengendalian internal dapat dinilai dan dikembangkan. Laporan ini adalah salah satu standar yang dipakai perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat untuk mengevaluasi kepatuhan mereka terhadap FCPA.

Berdasarkan sebuah polling oleh majalah CFO yang dikeluarkan pada tahun 2006, 82% responden mengaku mereka menggunakan kerangka kerja COSO untuk pengendalian internal. Kerangka kerja lainnya yang digunakan responden antara lain COBIT, AS2 (Standar Audit No.2, PCAOB), dan SAS 55/78 (AICPA).
Dan bagi teman-teman yang ingin mengetahu lebih banyak lagi mengenai Pengendalian Internal Berbasis COSO, ada baiknya teman-teman mendownload dokumentnya di bawah ini.

Pengendalian Internal Berbasis COSO

Apabila teman-teman menemukan kesalahan dalam blog ini atau mungkin ada beberapa sedikit kritik dan saran yang ingin teman-teman sampaikan, langsung saja melalui Contact Endy, karena kritik ataupun saran dari teman-teman sangat membantu dalam perkembangan blog ini. © Pensil Endy 2010

2 Komentar:


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online