Meniru Pemimpin Iran

Kali ini saya akan memposting mengenai seorang pemimpin yang sangat saya banggakan keberanian dan ketegasannya dalam memimpin suatu negara. Ia sangat membela kepentingan rakyatnya dan sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman.

Dan yang paling membuat saya berharap bahwa suatu saat kelak, Indonesia bisa di pimpin oleh manusia seperti ini ialah, ketika Iran sedang melakukan pengembangan uraniumguna ingin mengembangkan negaranya, terutama dalam pasokan listrik. Dimana banyak negara-negara yang menyebarkan isu negatif bahwasanya Iran melakukan pengembangan uranium guna menciptakan senjata nuklir untuk persiapan perang. Dan negara yang paling bersemangat dalam melancarkan isu ini ialah Amerika Serikat

Tetapi sekali lagi, Iran menolak dengan keras bahwa pengembangan uranium dinegaranya adalah semata-mata untuk tujuan pengefektifan energi listrik guna kemajuan negaranya.

Sebuah pemimpin yang sangat berani menurut saya dan saya yakin anda pasti sudah mengetahui pemimpin yang saya maksud. Ya benar, beliau adalah Mahmud Ahmadinejad, Presiden Iran. Seorang pemimpin yang memiliki ketegasan dan keberanian yang sangat mencerminkan seorang pemimpin negara.

Berikut adalah biografi singkat mengenai Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad:
pemimpin iran
Mahmud Ahmadinejad atau bisa dibaca Ahmadinezhad (lahir di Aradan, Iran, 28 Oktober 1956; umur 54 tahun) adalah Presiden Iran yang keenam dan memperoleh 61.91% suara pemilih pada pilpres Iran tanggal 24 Juni 2005. Jabatan kepresidenannya dimulai pada 3 Agustus 2005. Ia pernah menjabat walikota Teheran dari 3 Mei 2003 hingga 28 Juni 2005 waktu ia terpilih sebagai presiden. Ia dikenal secara luas sebagai seorang tokoh konservatif yang sangat loyal terhadap nilai-nilai Revolusi Islam Iran.

Pendidikan
Dia lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Iran (IUST) dengan gelar doktor dalam bidang teknik dan perencanaan lalu lintas dan transportasi. Pada tahun 1980, dia adalah ketua perwakilan IUST untuk perkumpulan mahasiswa, dan terlibat dalam pendirian Kantor untuk Pereratan Persatuan (daftar-e tahkim-e vahdat), organisasi mahasiswa yang berada di balik perebutan Kedubes Amerika Serikat yang mengakibatkan terjadinya krisis sandera Iran.

Jabatan Sebelum Menjadi Pemimpin Negara
Ahmadinejad lalu terpilih sebagai walikota Teheran pada Mei 2003. Dalam masa tugasnya, dia mengembalikan banyak perubahan yang dilakukan walikota-walikota sebelumnya yang lebih moderat dan reformis, dan mementingkan nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan-kegiatan di pusat-pusat kebudayaan.

Hal Kontroversi Yang Pernah Dilakukannya
  • Kutipan pernyataannya dalam sebuah pertemuan di hadapan para mahasiswa pada 26 Oktober 2005 dari pernyataan Ayatollah Khomeini yang menyerukan agar Israel "dihapus dari peta dunia" memicu kontroversi. Selain, menuai kecaman dari berbagai pemimpin dunia, termasuk Presiden Shimon Peres. Peres bahkan membalas dengan menuntut agar Iran dikeluarkan dari keanggotaan di Perserikatan Bangsa-bangsa.
  • Iran menegaskan bahwa pengembangan teknologi nuklir merupakan hak yang tidak bisa disangkal meskipun Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut Iran untuk menghentikan program pengayaan uranium. Ahmadinejad mendapat kritikan dari kalangan konservatif maupun reformis mengenai kebijakan ekonominya dan cara dia menangani isu nuklir Iran.
  • Mahmud Ahmadinejad juga pernah melontarkan kalimat ketika Amerika dan sekutu-sekutunya mengancam untuk melancarkan serangan apabila pengembangan uranium Iran tidak dihentikan, kemudian ia mengatakan bahwa, jika Amerika menginginkan perang, maka kami siap melawannya. Sebuah kalimat yang sangat berani menurut saya.
Saya rasa itulah contoh pemimpin yang sebenarnya, seorang pemimpin yang sangat berani mengambil keputusan dan tidak takut akan intervensi negara-negara besar. Seorang pemimpin yang mampu menjadikan negaranya mandiri dan tidak bergantung kepada negara lain.

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online