Akuntansi Untuk Rumah Sakit

Manajemen dalam arti sederhana adalah "pengelolaan" atau "pengurusan". Arti lain adalah: Menyelesaikan sesuatu pekerjaan melalui orang lain "To get things done through other people" .

Sedang Akuntansi berarti luas, dapat dilihat dari definisi yang berbunyi sbb:
Menurut Paul Mc Grady, Akuntansi adalah keseluruhan pengetahuan dan fungsi yang berhubungan dengan penciptaan, pengesahan, pencatatan, pengelompokan, pengolahan, penyimpulan, penganalisaan penafsiran dan penyajian informasi yang dapat dipercaya dan penting artinya, secara sistematis. mengenai transaksi-transaksi yang sedikit-sedikitnya bersifat finansial, dan yang diperlukan untuk pimpinan dan operasi sesuatu badan dan untuk laporan-laporan yang harus diajukan mengenai hal tadi guna memenuhi pertanggung jawaban yang bersifat keuangan atau lainnya.

Sedangkan Rumah sakit adalah suatu Institusi tempat dimana di lakukan kegiatan penentuan penyakit (diagnosa), kegiatan penyembuhan (terapi) dan Kegiatan lain yang ada hubungannya dengan pengembalian fungsi seseorang menjadi sehat.

Dari ketiga kata yang dirangkum tadi jelaslah bahwa yang menjadi lingkup pembahasan menjadi sangatlah luasnya. Adalah ini membatasi diri pada hal-hal yang dianggap sangat penting diketahui dan perlu mendapat perhatian dan diperlukan oleh pengelola Rumah sakit. Dalam masalah ini sangat ditonjolkan hal yang ada hubungannya dengan perhitungan maupun penyusunan komponen penlindung terhadap tarif Rumah sakit.

Dalam pembahasan tentang hal–hal yang ada hubungannya dengan pembiayaan, penyusunan tarif maupun hal–hal yang lain yang ada hubungannya denga keuangan, perhatian kita perlu ditunjukan kepada situasi dan kondisi rumah sakit yang kita kelola. Dalam mempersiapkan anggran untuk sebuah rumah sakit, kita tidak dapat mengabaikan banyak hal yang turut menjadi komponen pendukung, maupun komponen tidak mendukung terharap kegitan rumah sakit tersebut.

Rumah sakit adalah sebuah unit kerja yang dekat sekali sifatnya dengan sebuah hotel. Dapat dikatakan rumah sakit adalah “hotel plus”. Dalam manajemennyapun bayak timbul masalah yang erat kaitannya dengan manajemen perhotelan. Hanya di rumah sakit masalah lain yang lebih besar adalah adanya pelayanan medik atau pelayanan kedokteran yang sifatnya terintegrasi dengan pelayanan hotel tadi. Jadi rumah sakit selain diperlukan profesionalisme manajem perhotelan, masih diperlukan lagi profesionalisme dibidang kedokteran dan perawatan medik.

Permasalahan menjadi kompleks karena bidangnya sangat luas dan macamnya sangat beragam. Dalam upaya menyelesaikan masalah manajemen akuntansi rumah sakit, haruslah kita ketahui dahulu dengan pasti apa saja yang dapat menjadi masalah dalam manajemen keuangan dan penyajian informasi yang diperlukan sebagai pertanggung jawaban manajer dalam mengelola rumah sakitnya.

Masukan untuk penggunaan Sistem Akuntansi untuk Rumah Sakit

Berbagai Komponen dari Akuntansi Rumah sakit, adalah :

     1. Langsung, seperti: Biaya perwatan, biaya diagnostik, biaya terapi dan biaya–biaya lainnya.

     2. Tak langsung, seperti: Biaya pelayanan, biaya diagnostik, biaya kebersihan, pemeliharaan dll.

Biaya langsung maupun tak langsung ini haruslah dapat dihitung untuk dibebankan kepada setiap pasien yang dirawat. Termasuk pula dalam perhitungan seperti gaji pegawai, medis dan non medis, administrasi dll.

Masukan untuk Sistem Akuntansi di rumah Sakit

    1. Informasi tentang sumber keuangan pasien yang dirawat ( hal ini perlu untuk mengetahui apakah pasien membayar sendiri atau ada pihak ketiga yang menanggung segala pembiayaan perawatannya. Apakah ada Asuransi Kesehatan = Health Insurance, atau ada proteksi kesehatan lain, dibayar oleh perusahaan tempat bekrja ataupun oleh asuransi dari perusahaan lain yang bergerak dibidang proteksi kesehatan).
    2. Pendapatan (income) dari pelayanan yang diberikan kepada pasien
    3. Pengeluaran karena biaya pengobatan dan kegiatan lain
    4. Data statistik tentang frekuensi berobatnya.
    Informasi tentang pasien maupun kekuatan keuangannya. (Pada waktu ini dinegeri kita hal ini belum dilakukan)

      1. Harus jelas status pasien yang mau diberi pelajaran
      2. Siapa keluarganya, harus diberitahukan
      3. Tempat tinggal harus jelas (perlu KTP/ Identitas)
      4. Bagaimana diinginkan cara pembayaran, apakah dengan persekot atau tidak, atau dibayar oleh pihak ketiga perusahaan, asuransi atau orang lain.
      Itulah tadi sedikit gambaran singkat mengenai Akuntansi untuk Rumah Sakit, dan bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai Akuntansi untuk Rumah Sakit, silahkan download resume yang dibuat oleh teman saya Nurjannah (mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin) melalui link dibawah ini.

      Akuntansi Untuk Rumah Sakit

      Apabila teman-teman menemukan kesalahan dalam blog ini atau mungkin ada beberapa sedikit kritik dan saran yang ingin teman-teman sampaikan, langsung saja melalui Kontak Saya, karena kritik ataupun saran dari teman-teman sangat membantu dalam perkembangan blog ini. © Pensil Endy 2010

      Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

      Posting Komentar


      Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
      Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online