Manajemen Risiko COSOS ERM

manajemen risiko

Bismillahirahmanirrahim..

Berikut adalah sedikit isi dari Manajemen Risiko COSO ERM yang telah teman saya buat.

Setiap perusahaan membutuhkan suatu pengidentifikasian setiap risiko yang mungkin untuk mereka hadapi setelah itu memanage resiko-resiko tersebut ketingkatan yang wajar atau dapat dikendalikan. Pemahaman mengenai risoko ini merupakan komponen utama dalam pencapaian Sarbanes-Oxley (Sox), dalam Auditing Standards No.5.

Setiap manajer pada satuan kerja, baik operasional ataupun non-operasional, adalah manajer resiko. Sebagaimana teori manajemen menjelaskan bahwa unsure inti manajemen adalah planning,doing,dan controlling, maka sebagai pemilik dari risiko yang timbul dari kegiatannya(planning,doing), manajer risiko haruslah sebagai pengendali(controlling) dari risiko tersebut.

Kemudian yang perlu diketahui adalah pengertian dari manajemen risiko itu sendiri. Manajemen risiko adalah konsep dimana individu ataupun kelompok menggunakan suatu mekanisme untuk menyediakan suatu perlindungan dari timbulnya suatu resiko.

Mengapa manajemen resiko itu penting? Sikap orang ketika menghadapi resiko berbeda-beda. Ada orang yang berusaha untuk menghindari resiko, namun ada juga yang sebaliknya sangat senang menghadapi resiko sementara yang lain mungkin tidak terpengaruh dengan adanya resiko. Pemahaman atas sikap orang terhadap resiko ini dapat membantu untuk mengerti betapa resiko itu penting untuk ditangani dengan baik.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai Manajemen Risiko COSO ERM dan bagi teman-teman yang ingin mempelajarinya, silahkan download melalui link dibawah ini.

Manajemen Risiko COSO ERM

Belum ada komentar sejauh ini. Ingin menanggapi ?

Posting Komentar


Ingin mengikuti artikel Pensil Endy, & mendapatkan update terbaru langsung
Klik untuk Kompas Dunia Maya. Peta Online dan Jasa Pembuatan Toko Online